LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN


IN-2


LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran

Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
1.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:

No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

3.1.1 menjelaskan berbagai refrensi unsur, prinsip, teknik,dan prosedur menggambar flora, fauna, alam benda dan model  ( manusia )

4.1.1 Mengkatagorikan unsur teknik dan prosedur menggambar flora dan faun, alam benda dan model (manusia)
Pendahuluan:
*Mengucapkan salam
* doa
* mengabsensi anak didik
*belajar
Buku
gambar
Internet
Sikap:
Jujur, disiplin

Pengetahuan:
Materi  menggambar

Keterampilan:
Menggambar dengan baik



Inti:
teknik dan prosedur menggambar flora dan faun, alam benda dan model ( manusia )





Penutup:
berdoa



2.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-2:
No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

3.1.1 Menjelaskan sikap badan, teknik pernafasan, frasering, artikulasi,intonasi, dan ekspresi (dinamik dan tempo) dalam bernyanyi secara unisono
 4.1.1 Menyanyikan lagu secara unisono dengan sikap badan,teknik pernafasan, frasering, artikulasi, dan intonasi yang benar
Pendahuluan:
*Mengucapkan salam
* doa
* mengabsensi anak didik
*belajar
Buku
Video
internet
Sikap:
Jujur, disiplin

Pengetahuan:
Materi bernyanyi unisono

Keterampilan:
Menyanyikan lagu satu suara (unisonno)



Inti:
Sikap badan dan teknik (pernafasan, artikulasi, frasering, dan intonasi) bernyanyi secara unisono




Penutup:
berdoa




R-3.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS


Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
4.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
5.         Merumuskan sumber belajar sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.         Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengan tepat.

Rubrik Penilaian:                  
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima  aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat  aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


 


Komentar

Postingan Populer