LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN
IN-2
LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran
Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan
dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
3.1.1
menjelaskan berbagai refrensi unsur, prinsip, teknik,dan prosedur menggambar
flora, fauna, alam benda dan model (
manusia )
|
4.1.1 Mengkatagorikan unsur teknik dan
prosedur menggambar flora dan faun, alam benda dan model (manusia)
|
Pendahuluan:
*Mengucapkan salam
* doa
* mengabsensi
anak didik
*belajar
|
Buku
gambar
Internet
|
Sikap:
Jujur,
disiplin
Pengetahuan:
Materi
menggambar
Keterampilan:
Menggambar
dengan baik
|
|
Inti:
teknik dan prosedur menggambar
flora dan faun, alam benda dan model ( manusia )
|
|||||
Penutup:
berdoa
|
2.
Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-2:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
3.1.1 Menjelaskan sikap badan, teknik
pernafasan, frasering, artikulasi,intonasi, dan ekspresi (dinamik dan tempo)
dalam bernyanyi secara unisono
|
4.1.1 Menyanyikan lagu secara unisono dengan sikap
badan,teknik pernafasan, frasering, artikulasi, dan intonasi yang benar
|
Pendahuluan:
*Mengucapkan salam
* doa
*
mengabsensi anak didik
*belajar
|
Buku
Video
internet
|
Sikap:
Jujur, disiplin
Pengetahuan:
Materi bernyanyi unisono
Keterampilan:
Menyanyikan lagu satu suara (unisonno)
|
|
Inti:
Sikap badan dan teknik
(pernafasan, artikulasi, frasering, dan intonasi) bernyanyi secara unisono
|
|||||
Penutup:
berdoa
|
R-3. Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan
kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.
Berikan
nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan
tepat.
4.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan
tepat.
5.
Merumuskan sumber belajar sesuai IPK
pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran
unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.
Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan
dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan
unit ke-2 dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua
aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek
kurang sesuai
|
Komentar
Posting Komentar