RPP SISTEM REPRODUKSI SMA (KURIKULUM 2013)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Negeri
Kelas
/ Semester : XI IPA / II ( Genap )
Mata
Pelajaran : Biologi
Topik : Sistem Reproduksi
Pertemuan : Pertama (I)
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
I.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
II. Kompetensi Dasar
3.12 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi
manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
III.
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian sistem
reproduksi.
2.
Menjelaskan struktur jaringan penyusunan organ organ
reproduksi dengan fungsinya pada sistem reproduksi pria.
3.
Menjelaskan struktur jaringan penyusunan organ organ
reproduksi dengan fungsinya pada sistem reproduksi wanita.
IV. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
proses belajar mengajar
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian sistem
reproduksi.
2.
Menjelaskan struktur jaringan penyusunan organ organ
reproduksi dengan fungsinya pada sistem reproduksi pria.
3.
Menjelaskan struktur jaringan penyusunan organ organ
reproduksi dengan fungsinya pada sistem reproduksi wanita.
V. Materi
1.
Pengertian sistem reproduksi.
2.
Struktur dan fungsi organ-organ
reproduksi pria.
3.
Struktur dan fungsi organ-organ
reproduksi wanita.
VI.
Model dan Metode Pembelajaran :
1. Model Pembelajaran :
Cooperative
Learning Tipe STAD (Student
Team Achiecevement Division)
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah,
diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
VII.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Tingkah Laku
|
Alokasi
Waktu
|
||
Guru
|
Siswa
|
|||
Kegiatan Awal
Fase 1:
Menyampaikansalam pembuka, tujuan dan memotivasi siwa
|
·
Guru mengucapkan salam pembuka
·
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran
·
Guru memberikan apersepsi “ bagaimana cara manusia
mempertahankan jenisnya?”
|
·
Siswa menjawab salam
·
Siswa mendengarkan dan mencatat tujuan pembelajaran
·
Siswa menjawab pertanyaan guru dengan mengaitkan
peristiwa yang diketahui dari lingkungan sekitar
|
5 menit
|
|
Fase 2
Menyajikan
informasi
|
·
Guru menyajikan informasi kepada siswa mengenai
pengertian system reproduksi di dalam flas player
|
·
Siswa memperhatikan dan mencatat informasi penting
yang disampaikan guru
|
10 menit
|
|
Fase 3
Mengorganisasi
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
·
Guru memperlihatkan flash mengenai alat reproduksi,
meminta siswa untuk memperhatikan sebagai bahan diskusi dan pengerjaan
LKS dengan kelompok
·
Membagi siswa ke dalam 5 kelompok heterogen
|
·
Siswa memperhatikan video yang diperlihatkan oleh
guru
·
Siswa berpindah tempat duduk bersama kelompoknya
|
15 menit
|
|
Kegiatan inti
Fase 4:
Membimbing
kelompok belajar dan bekerja
|
·
Guru membagikan LKS kepada siswa sebagai bahan
diskusi dan presentasi
·
Guru membimbing dan mengawasi jalannya diskusi
|
·
Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
·
Siswa mengerjakan LKS yang dibagikan guru secara
berkelompok
|
35 menit
|
|
Fase 5
Evaluasi
|
• Guru menunjuk siswa yang akan melakukan
presentasi hasil diskusinya di depan kelas
• Guru meminta siswa yang lain memberikan
koreksi atau penjelasan tambahan
|
·
Siswa maju
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
·
Siswa mengoreksi atau memberikan penjelasan tambahan
jika ada yang perlu ditambahkan
|
15
menit
|
|
Kegiatan Penutup
Fase 6
Menyimpulkan
materi, memberikan Penghargaan dan
pemberian tugas
|
·
Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan materi pelajaran tentang sistem reproduksi.
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan
peringkat “super team”
• Guru memberikan motivasi kepada kelompok
lain yang belum mendapat peringkat super team
·
Guru memberikan tugas yang harus di kerjakan siswa di rumah.
|
· Siswa kembali
mengingat materi dan menyimpulkan
·
Siswa yang memperoleh peringkat super team maju ke
depan kelas untuk menerima penghargaan
·
Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan ibu
guru
·
Siswa menerima tugas rumah yang di berikan
|
10
menit
|
|
VIII. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media
o
Media Flash
o
LKS
o
Power Point (Terlampir)
2.
Alat
o
LCD
o
Papantulis
o
Spidol
3.
Sumber Belajar
o
Buku Paket Biologi Kelas Xi
o
Buku Campbell
o
Internet (Gambar-gambar)
IX. Penilaian Hasil Belajar
1.
Tekhnik penilaian
•
Sikap : lembar Observasi
•
Pengetahuan : Tes tertulis (Essay)
2.
Instrumen Penilaian
•
Instrumen Penilaian Sikap
•
Instrumen Penilaian Diskusi dan Presentasi
•
Instrumen Tes uraian (Essay)
Bentuk-bentuk
Instrumen : Terlampir
Palangka
Raya, Oktober 2015
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Dr. Yula Miranda, M.Si Dewi Ratna Sari
NIP. 19580722 198603 2 002 NIM. ACD 112 015
Lampiran I
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Kelompok :
Anggota
Kelompok :
1. ….........................................................
|
2.
….........................................................
|
3.
….........................................................
|
4.
….........................................................
|
5.
............................................................
|
Materi
Pokok :
Sistem Reproduksi
A. Tujuan
1.
Menjelaskan struktur jaringan penyusunan organ organ
reproduksi dengan fungsinya pada sistem reproduksi pria.
2.
Menjelaskan struktur jaringan penyusunan organ organ
reproduksi dengan fungsinya pada sistem reproduksi wanita.
3.
Mempresentasikan hasil analisis mengenai penyebab, dan
dampak kelainan pada sistem reproduksi.
B. Alat dan Bahan
1.
LKPD
2.
Alat tulis
3.
Materi pelajaran
C.
Langkah Kerja
1.
Bacalah dengan baik deskripsi yang ada pada LKS ini!
2.
Jawablah pertanyaan yang ada dengan singkat dan jelas!
3.
Diskusikan jawaban
dengan anggota kelompokmu!
4.
Tuliskan jawaban hasil
diskusi kelompok pada lembar yang sudah disediakan.
D. Soal Diskusi
1.
Perhatikan gambar organ
reproduksi wanita di bawah untuk menjawab soal 1 – 6.
Berdasarkan pemahaman kalian tentang organ-organ
penyusun system reproduksi wanita,
lengkapilah tabel berikut ini.
Tabel sistem reproduksi.
No.
|
Nama Organ
|
Fungsi
|
1
|
. . . .
|
. . . .
|
2
|
. . . .
|
. . . .
|
3
|
. . . .
|
. . . .
|
4
|
. . . .
|
. . . .
|
5
|
. . . .
|
. . . .
|
6
|
. . . .
|
. . . .
|
2.
Perhatikan gambar organ
reproduksi pria di bawah untuk menjawab soal a - e.
Berdasarkan pemahaman kalian tentang organ-organ
penyusun system reproduksi pria,
lengkapilah tabel berikut ini.
Tabel sistem reproduksi.
No.
|
Nama Organ
|
Fungsi
|
1
|
. . . .
|
. . . .
|
2
|
. . . .
|
. . . .
|
3
|
. . . .
|
. . . .
|
4
|
. . . .
|
. . . .
|
5
|
. . . .
|
. . . .
|
6
|
. . . .
|
. . . .
|
Lampiran II
LEMBAR
JAWABAN
Kelompok :
Nama Anggota Kelompok :
1......................................................
2......................................................
3......................................................
4......................................................
5......................................................
1. Lembar jawaban soal no. 1
No.
|
Nama Organ reproduksi wanita
|
Fungsi
|
1
|
.................
|
..................................................................................
|
2
|
.................
|
.................................................................................
|
3
|
.................
|
.................................................................................
|
4
|
.................
|
.................................................................................
|
5
|
.................
|
.................................................................................
|
2. Lembar jawaban soal no. 2
No.
|
Nama Organ reproduksi pria
|
Fungsi
|
a
|
.................
|
..................................................................................
|
b
|
.................
|
.................................................................................
|
c
|
.................
|
.................................................................................
|
d
|
.................
|
.................................................................................
|
e
|
.................
|
.................................................................................
|
Lampiran III
KUNCI JAWABAN LKS
1. Jawaban soal nomor 1 (skor 40)
No.
|
Nama Organ Reproduksi Wanita
|
Fungsi
|
1
|
Ovarium
|
Ovarium
berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon estrogen dan
progesteron
|
2
|
Oviduk
|
·
Sebagai
saluran spermatozoa dan ovum
·
Sebagai
tempat pertumbuhan hasil pembuahan sebelum dapat masuk ke bagian dalam uterus
(rahim)
·
Dapat
menjadi tempat fertilisasi (pembuahan)
|
3
|
Folikel
|
Folikel
adalah struktur seperti bulatan-bulatan yang mengelilingi oosit dan berfungsi
menyediakan makanan dan melindungi perkembangan sel telur
|
4
|
Uterus
|
Uterus merupakan ruangan yang berfungsi untuk pertumbuhan dan
perkembangan janin.
|
5
|
Vagina
|
·
Sebagai
jalan lahir
·
Sebagai
tempat dalam berhubungan seksual
·
Sebagai
saluran mengalirkan darah dan lendir disaat menstuasi
|
2. Jawaban soal nomor 2 (skor 40)
No.
|
Nama Organ Reproduksi Pria
|
Fungsi
|
A
|
Vesikula seminalis
|
Vesikula
seminalis berfungsi menyekresi cairan basa yang mengandung nutrisi yang
membentuk sebagian besar cairan semen.
|
B
|
Vas deferens
|
Vas
deferens berfungsi menyalurkan sperma dari epididimis ke kantong sperma (Vesikula seminalis) dan berfungsi
sebagai tempat penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan melalui penis.
|
C
|
Uretra
|
Uretra berfungsi sebagai
saluran kelamin yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang
urin dari kantung kemih.
|
D
|
Penis
|
Penis berfungsi sebagai alat kopulasi (persetubuhan)
|
E
|
Testis
|
Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel kelamin
(spermatozoa) dan hormon kelamin (testosteron)
|
Lampiran IV
LEMBAR PENILAIAN
1.
Penilaian Afektif
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
skor
|
Nilai
|
||||||||||||||||
Keterampilan
bertanya
|
Keterampilan
berkomunikasi
|
Kerja sama
|
Ketepatan waktu
|
Partisipasi
|
||||||||||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
||||||
1
|
||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||
Keterangan:
Skor 0 = tidak
lengkap/tidak rapi/tidak ada kerja sama/kurang tepat waktu/kurang berpartisipasi.
Skor 1
= kurang lengkap/kurang rapi/kurang ada kerja
sama/kurang tepat waktu/kurang berpartisipasi
Skor 2 = lengkap/
rapi/kerja sama baik/tepat waktu/partisipasi baik
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =
Kriteria nilai: 90 − 100
= A 50 − 60 =
C
70 − 80
= B kurang dari 50
= D
2.
Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||||
Ketrampilan
menggunakan alat
|
Ketrampilan pengumpulan data
|
Ketrampilan pengolahan data
|
Keterampilan presentasi
|
Ketrampilan bertanya
|
|||||||||||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||||||
1
|
|||||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||||||
Keterangan
:
Skor 0
= tidak trampil menggunakan alat/tidak mengumpulkan data /tidak ada
pengolahan data/tidak melakukan
presentasi/ tidak bertanya
Skor 1 = kurang trampil menggunakan
alat/mengumpulkan data kurang lengkap
/ pengolahan data kurang sempurna
/ kurang aktif dalam melakukan presentasi/
jarang bertanya
Skor 2 = trampil menggunakan alat/ mengumpulkan
data lengkap/ada
pengolahan data/presentasi baik/ sering
bertanya
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =
Lampiran V
KISI-KISI SOAL
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
JUMLAH SOAL
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMER SOAL
|
1
|
3.12 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun
organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui
studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
2
|
Disajikan paparan, peserta
didik dapat menentukan struktur dan fungsi organ reproduksi wanita.
|
ESSAY
|
1
|
Disajikan paparan, peserta
didik dapat menentukan struktur dan fungsi organ reproduksi wanita.
|
ESSAY
|
2
|
|||
JUMLAH
|
2
|
Lampiran VI
RUBRIK
PENILAIAN KOGNITIF LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
No.
Soal
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
·
Menyebutkan dan menjelaskan
struktur dan fungsi organ reproduksi wanita dengan tepat
|
·
50
|
Skor
maksimal
|
50
|
|
2.
|
·
Menyebutkan dan
menjelaskan struktur dan fungsi organ reproduksi pria dengan tepat
|
·
50
|
skor maksimal
|
50
|
|
Skor total
|
100
|
Komentar
Posting Komentar