Macam-Macam Perangkat Pembelajaran
Perangkat
pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan
pembelajaran. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat
atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan
peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi
pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium
atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat
pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan
pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar
isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media
dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
a.
Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran
dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar,
materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar
yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri
sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.
Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa
penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin
dicapai, dan pokok-pokok serta uraian yang ingin dicapai dan dipelajari siswa
dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan
pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat
komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi
dasar.
Pada umumnya suatu silabus paling sedikit harus mencakup unsur-unsur:
·
Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan,
·
Sasaran-sasaran mata pelajaran,
·
Keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata
pelajaran tersebut dengan baik,
·
Urutan topik-topik yang diajarkan,
·
Aktifitas dan sumber-sumber belajar pendukung
keberhasilan pengajaran,
·
Berbagai teknik evaluasi yang
digunakan.
b. Kalender Pendidikan
Kalender
pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu
pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester
maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan
untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan)
Rencana
pelaksanaan pembelajaran yaitu panduan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh
guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam skenario kegiatan. Rencana
pelaksanaan pembelajaran disusun untuk setiap pertemuan yang terdiri dari tiga
rencana pembelajaran, yang masing-masing dirancang untuk pertemuan selama 90
menit atau 135 menit (Trianto, 2007).
Adapun
komponen rencana pembelajaran adalah: (1) standar kompetensi dan kompetensi
dasar, dalam hal ini kita harus memilih dari kurikulum; (2) pokok bahasan; (3)
indikator; (4) model pembelajaran, dipilih sesuai penekanan kompetensi dan
materi; (5) skenario pembelajaran, berisi urutan aktivitas pembelajaran siswa
dan mencerminkan pilihan model Pembelajaran, yang meliputi kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan akhir; (6) media pembelajaran, dipilih dan di
urutkan sesuai skenario pembelajaran; (7) sumber pembelajaran; dan (8)
penilaian hasil belajar.
d. Lembar Kegiatan Siswa (Student Worksheet)
Lembar kegiatan siswa adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan
kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. LKS dapat disusun dengan bersifat
panduan tertutup yang dapat dikerjakan siswa, sesuai dengan tuntunan yang ada,
atau dapat juga LKS yang bersifat semi terbuka. LKS model ini memberi peluang
bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya, walaupun masih ada peranan guru
dalam memberikan arahan. LKS model apapun yang disusun harus mampu memberikan
panduan agar siswa dapat belajar dengan benar, baik dari segi proses keilmuan
maupun dalam memperoleh konsep.
e. Buku
Buku sebagai rangkaian dari perangkat pembelajaran tentunya haru memberikan
manfaat bagi guru khususnya siswa. Depdiknas (2008a:12) menjelaskan bahwa “Buku
adalah bahan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikiran dari
pengarangnya.” Lebih lanjut dijelaskan dari sumber yang sama (Depdiknas,
2008a:12), bahwa: Buku sebagai bahan tertulis merupakan buku yang berisi suatu
ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap kurikulum dalam bentuk tertulis.
Sedangkan buku yang baik adalah buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa
yang baik dan mudah dimengerti, disajikan secara menarik dilengkapi dengan
gambar dan keterangan-keterangannya, isi buku juga menggambarkan sesuatu yang
sesuai dengan ide penulisnya.
Beberapa batasan buku di atas menjelaskan bahwa buku sebagai salah satu
bahan ajar jenis bahan cetak merupakan buku yang substansinya adalah
pengetahuan, yang disusun berdasarkan analisis kurikulum, disusun untuk
memudahkan guru dalam pembelajaran dan siswa belajar mencapai kompetensi yang
ditetapkan kurikulum, dengan memperhatikan kebahasaan, kemenarikan, dan
mencerminkan ide penulisnya. Buku yang memudahkan belajar siswa disebut buku
siswa, dan buku yang memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran disebut
sebagai buku panduan guru/pendidik, masing-masing memiliki struktur dan
komponen yang khas.
f. Instrumen Penilaian Penilaian
Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi
tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013
tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa
penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan,
kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan
indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain
tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk
mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun
non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap,
penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.
top
BalasHapustop
BalasHapusMantap
BalasHapusjurnal guru, prota, promes, kkm
BalasHapusYapp
Hapus