PENGGUNAAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA



ANALISIS PENGGUNAAN
BUKU GURU DAN BUKU SISWA


A.        KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU SISWA DAN BUKU GURU
1.  Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa
Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi   dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan    berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah   ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a.         Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-kegiatan Pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa, misalnya
-        Kegiatan “Ayo Amati” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa dilatih mencari/menggali informasi dari gambar, teks bacaan, teks percakapan atau data apapun yang bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran.
-        Kegiatan “Ayo Bacalah” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk membaca teks informasi yang disajikan pada buku siswa. Kegiatan membaca ini biasanya terkait dengan kegiatan menggali informasi dari bacaan, dimana siswa dilatih keterampilannya dalam mencari ide-ide pokok dari bacaan.
-        Kegiatan “Ayo Berlatih” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahaman pengetahuannya mengaplikasikan keterampilannya. Kegiatan ini bisa merupakan kegiatan mandiri ataupun kegiatan dengan bimbingan guru.
-        Kegiatan “Ayo Lakukan” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan pembelajaran melalui aktivitas kelompok maupun individu yang biasanya juga merupakan kegiatan berbasis proyek.
-        Kegiatan “Ayo Bertanya” dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan bertanya siswa, dimana bertanya bukan hanya tentang apa dan siapa tapi lebih kepada pembentukan keterampilan bertanya yang kritis dan kreatif.
-        Kegiatan “Ayo Berkerjasama” dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi siswa dengan siswa lainnya dalam kelompok. Siswa dilatih untuk bekerjasama, saling menghormati, menghargai dan berbagi tugas dengan anggota kelompok lainnya.

b.         Penghubung antara Guru, sekolah, dan Orang Tua
Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan tulisan ”Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan orang tua berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c.          Lembar Kerja Siswa
Buku siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d.         Penilaian dan Portofolio
Di dalam buku siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e.         Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f.      Sebagai kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g.         Sebagai ala/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.

2.    Kedudukan dan Fungsi Buku Guru
Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut penjelasan tentang fungsi buku guru.
a.       Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa
Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
1)        Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan dalam satu tema tertentu.
2)        Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
3)        Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

a.    Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
1)        Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran    dari masing-masing subtema.
2)        Menjelaskan media  pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
3)        Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan   proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersubut.
4)        Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
5)        Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.

b.    Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran.
Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaran proses pembelajaran.



B.    STRUKTUR DAN HUBUNGAN FUNGSIONAL BUKU SISWA DAN BUKU GURU

1.       Struktur Buku Guru
Uraian berikut dimaksudkan agar guru dapat mengenal dan memahami struktur isi Buku Guru dengan baik. Struktur Buku Guru adalah sebagai berikut.
a.    Kata pengantar
Bagian ini perlu dibaca guru agar guru memahami latar belakang penyusunan buku dan tujuan yang ingin dicapai dari penyusunan buku tersebut.
b.    Tentang Buku Guru
Memuat informasi cakupan buku guru dan cakupan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam buku guru.
c.     Bagaimana Menggunakan Buku Guru
Halaman ini merupakan bagian penting yang harus dibaca dan dipahami oleh guru, karena memberikan informasi hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh guru dalam menggunakan Buku Guru sebagai persiapan menggunakan Buku Siswa.
d.    Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Inti
Halaman ini mengingatkan kepada guru mengenai standar kompetensi lulusan baik ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan serta kompetensi inti setiap kelas, yang akan dicapai selama proses pembelajaran.
e.    Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2
Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2 merupakan Pemetaan Kompetensi Dasar yang  berasal dari KI 1 dan KI 2 yang terdapat dalam setiap subtema. Artinya, Kompetensi Dasar itulah yang akan dicapai dalam proses pembelajaran selama satu minggu.
Pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari Kompetensi Inti 1 dan 2 bukan untuk diajarkan secara eksplisit sebagai materi pembelajaran (pembelajaran tidak langsung), namun memandu guru untuk melakukan pembiasaan-pembiasaan kompetensi tersebut selama proses pembelajaran berlangsung. Harapannya, melalui pengetahuan, keterampilan akan terasah dan sikap spiritual dan sosialnya akan tumbuh pada diri siswa.
f.     Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4
Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4 merupakan Pemetaan Kompetensi Dasar yang  berasal dari KI 3 dan KI 4. Halaman ini memuat informasi tentang kompetensi-kompetensi yang berasal dari Pemetaan Kompetensi Inti 3 dan 4 yang harus dicapai dalam satu subtema pembelajaran. Penetapan Kompetensi masih terbuka untuk penggantianatau penambahan sesuai dengan kegiatan yang dirancang oleh guru. Sekali lagi guru harus memahami bahwa pembelajaran tematik terpadu itu berbasis aktivitas sehingga aktivitas yang ditawarkan di dalam buku guru bisa diganti atau dikembangkan sesuai dengan kreativitas guru.
g.    Ruang Lingkup Pembelajaran
Halaman ini memberikan gambaran ringkas tentang kegiatan yanga akan dilaksanakan oleh guru dan kemampuan yang akan dikembangkan dalam setiap pembelajaran. Kolom kegiatan pembelajaran menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada satu hari pembelajaran. Kolom kemampuan yang dikembangkan menjelaskan tiga aspek kemampuan yang harus dicapai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
h.    Halaman Pembelajaran
Setiap pembelajaran terdiri atas bagian-bagian yang menuntun guru dalam proses  pembelajaran yang disesuaikan dengan buku siswa. Jika mengacu pada Struktur Kurikulum   2013 jenjang SD, jumlah jam pelajaran di kelas V adalah 36 jam pembelajaran/minggu. Pembagian 36 jam/minggu dalam pembelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolah. Pada buku siswa dan buku guru, kegiatan pembelajaran dibagi menjadi 6 pembelajaran dalam seminggu. Artinya, pembagian itu diasumsikan untuk 6 hari sekolah dalam seminggu. Sekolah yang menerapkan 5 hari sekolah, kompetensi dasar pada pembelajaran 6 dapat disebar ke 5 pembelajaran yang lain. Uraian pembelajaran diawali dengan judul pembelajaran sesuai nomor pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, Pembelajaran 3, dan seterusnya.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari uraian pembelajaran adalah sebagai berikut.
1)         Jaringan Pembelajaran
Jaringan pembelajaran memuat kompetensi dasar dan indikator muatan pelajaran yang dipadukan pada kegiatan pembelajaran. Kompetensi Dasar yang dimuat adalah           Kompetensi Dasar dari KI 3 dan KI 4.
2)         Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dirumuskan sesuai dengan indikator muatan pelajaran yang akan    dibahas pada pembelajaran. Guru dapat menambahkan tujuan pembelajaran atau      mengoreksi tujuan pembelajaran bila ada perubahan muatan pelajaran dan indikator pada jaringan pembelajaran tersebut.
3)         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Bagian ini memberikan informasi mengenai media dan alat pembelajaran yang dibutuhkan dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah kegiatan yang  direncanakan. Guru harus memastikan bahwa media dan alat pembelajaran tersebut tersedia/disiapkan. Guru diperkenankan untuk memperkaya media, alat, dan sumber pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, guru dapat memanfaatkan media teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran.
4)         Kegiatan Pembelajaran
Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran tematik di kelas       menerapkan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dilakukan melalui proses kegiatan mengamati, mananya, mengumpulkan informasi/eksperimen/mencoba,  megasosiasi/mengolah informasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Pendekatan           saintifik diimplementasikan dalam pembelajaran bertujuan untuk melatih siswa berpikir    tingkat tinggi (high order thinking). Namun sangat dimungkinkan bagi guru untuk     memperkaya langkah-langkah kegiatan yang sudah ditawarkan di buku guru.
Kegiatan pembelajaran pada buku guru menjelaskan setiap kegiatan pada buku siswa. Misalnya, pada buku siswa adalah “Ayo Manyanyi” dengan percaya diri, maka pada             buku guru dijelaskan langkah-langkah kegiatan yang ditempuh untuk membelajarkan    kegiatan tersebut. Pada buku guru juga terdapat penjelasan materi yang dapat digunakan   oleh guru sebagai tambahan referensi untuk memperkaya materi.
5)           Pengayaan dan Remedial
Bagian ini menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan pengayaan       bagi siswa yang sudah mencapai kompetensi dan ingin lebih ditingkatkan kemampuannya. Selain itu, juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh untuk memberikan remedial         bagi siswa yang belum mencapai kompetensi.
6)           Penilaian
Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, penilaian pada pembelajaran tematik adalah    penilaian autentik. Oleh karena itu, pada buku guru dicantumkan teknik-teknik penilaian,   yang meliputi penilaian nontes dan tes. Sebagai panduan bagi guru, pada buku guru telah disediakan instrumen penilaian dan rubrik penilaian sesuai dengan proses pembelajaran     yang dilakukan. Guru dimungkinkan untuk memperbaiki instrumen penilaian dan         menambah instrumen penilaian sesuai dengan indikator yang ditetapkan.


C. PENGGUNAAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Pada uraian ini menjelaskan tentang teknis penggunaan Buku Siswa sesuai dengan arahan Buku Guru, melalui uraian ini diharapkan guru dapat melakukan proses pembelajaran dari masing-masing subtema yang ada pada masing-masing buku.

Cara Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa
Buku Guru berhubungan dengan Buku Siswa, karena Buku Guru memandu pembelajaran yang sesuai dengan Buku Siswa. Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.       Bukalah Buku Guru tema tertentu
Cermatilah halaman yang berjudul Tentang Buku Guru dan Bagaimana Menggunakan Buku Guru. Ikutilah petunjuk yang ada pada halaman tersebut.
2.       Rancangan pembelajaran setiap Tema dibagi dalam rancangan subtema yang tampak pada jaringan subtema atau Pemetaan Kompetensi Dasar pada Buku Guru. Guru diharap  mencermati jaringan subtema yang memuat Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran yang akan dicapai pada satu minggu, sesuai dengan judul subtema.
3.       Jaringan subtema terdiri atas jaringan subtema untuk KD dari KI I dan II, serta jaringan subtema untuk KD dari KI 3 dan 4.
4.       Jaringan subtema KD dari KI 3  dan KI 4 dijabarkan lagi menjadi jaringan Kompetensi Dasar dan Indikator setiap pembelajaran.
5.       Cermatilah jaringan setiap pembelajaran Pemetaan Indikator pada Buku Guru yang memuat Kompetensi Dasar yang akan dicapai berdasarkan rumusan indikatornya.
6.       Setelah mencermati indikator yang akan dicapai pada setiap pembelajaran, cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat di Buku Guru.
7.       Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang terdapat pada Buku Guru.
8.       Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada Buku Guru dengan penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa.
9.       Guru dapat memodifikasi rancangan pembelajaran di Buku Guru untuk disesuaikan dengan kondisi kelas. Apabila rancangan berubah, maka guru harus membuat penyesuaian juga dalam pembelajarannya.
10.   Pada Buku Guru juga terdapat media, alat, dan sumber pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Namun, guru juga dapat mengganti atau menambahkan media, alat, dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
11.   Cermatilah halaman Remedial dan pengayaan yang terdapat pada Buku Guru sebagai panduan ketika guru akan melaksanakan kegiatan tersebut.
12.   Di dalam Buku Guru terdapat contoh-contoh teknik penilaian, guru dapat membuka halaman penilaian sebagai panduan manilai siswa.


Tiga aspek kompetensi yang ditumbuhkan dan dikembangkan disepanjang  kegiatan pembelajaran yang meliputi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Ketiga aspek pokok ini kemudian menjadi acuan bagi guru dalam mengampu kegiatan pembelajaran. Ketiga aspek ini diambil dari tujuan pembelajaran pada hari yang pembelajaran yang bersangkutan.

Rangkaian kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi tercapainya kompetensi yang menjadi target pada hari yang bersangkutan. Kegiatan pembelajaran tersebut dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap, keterampilan dan pemahaman terhadap pengetahuan. Satuan pendidikan atau guru diperbolehkan untuk menyesuaikan kegiatan dengan kondisi satuan pendidikan atau kelas dan memilih kegiatan yang lain, selama kegiatan tersebut tetap bisa memfasilitasi ketercapaiaan kompetensi baik dari ranah pengetahuan, keterampilan maupun sikap, dengan tetap memperhatikan keterpaduan pendekatan saintifik dan penilaianautentik.

Langkah-langkah Kegiatan merupakan penjelasan yang diberikan untuk membantu guru dalam mengampu kegiatan seperti pada buku siswa yang disajikan, dalam langkah-langkah kegiatan tersebut diberikan keterangan tentang tahap pedekatan saintifik yang sedang berlangsung.

Gambar halaman buku siswa yang dibuku/digunakan oleh siswa pada kegiatan yang pembelajaran.
Pada halaman buku guru dijelaskan hasil-hasil yang diharapkan muncul melalui proses pembelajaran. Hasil-hasil tersebut mencakup tiga aspek yang menjadi target tujuan pembelajaran (sikap, keterampilan dan pengetahuan).








D. PROSES ANALISIS BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Buku Guru dan Buku Siswa saling berhubungan sehingga proses analisis dapat dilakukan secara silmultan. Berikut akan dijelaskan mengenai proses analisis tersebut.
1.       Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi Inti (KI) 1 dan 2
Pada buku guru, pemetaan KD dari KI 1 dan 2 disiapkan setiap subtema. Namun dalam jaringan KD harian (tiap PB) KD dari KI 1 dan 2 tidak dimunculkan karena ketercapaiannya diperoleh dari pembelajaran tidak langsung (indirect learning). Harapannya guru bisa memilih aspek spiritual (KI 1) maupun aspek sosial (KI 2) sesuai dengan aktivitas pembelajaran harian yang sedang dilakukan.
2.       Pemetaan kompetensi Dasar KI 3 dan 4
Pada buku guru pemetaan KD dari KI 3 dan 4 disediakan tiap subtema (mingguan). Pemetaan ini masih akan dijabarkan lagi dalam pemetaan KD harian.
3.       Pemetaan Kompetensi Dasar tiap PB (harian)
a.    Pada buku guru sudah disiapkan pemetaan KD dan indikator pada masing-masing pembelajaran (PB) untuk memudahkan guru mengajar harian. Berikut ini contoh tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan, subtema 1 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan, Pembelajaran 1:
b.    Meskipun telah disediakan pemetaan di setiap PB, guru hendaknya mengkaji apakah masih masih diperlukan KD tambahan pada pembelajaran hari itu. Untuk kepentingan penyusun RPP (harian), guru perlu menambahkan KD dari KI 1 dan 2 yakni sikap spiritual dan sikap sosial. Penambahan KD bisa melihat pada pemetaan KD dari KI 1 dan 2 pada tiap subtema.
c.     Guru hendaknya mencermati indikator setiap KD. Untuk pembelajaran harian, setiap KD minimal dijabarkan dalam satu indikator karena KD tersebut kemungkinan dibelajarkan lagi pada subtema yang lain. Meskipun sudah ada contoh indikator pada buku guru, guru perlu mengkaji ulang indikator tersebut. Guru diperbolehkan untuk memperbaiki indikator yang tertera pada buku guru. Dalam merumuskan indikator harus menggunakan kata kerja operasional yang terukur.
4.   Tujuan Pembelajaran
      Pada buku guru telah diberika contoh pembelajaran sebagai paduan bagi guru apa yang akan dicapai. Guru diperbolehkan untuk menambah atau merubah tujuan pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik dan lingkungan tempat belajar. Tujuan pembelajaran idealnya membuat A (audience)yakni siswa; B (behavior) kemampuan yang akan dicapai (membedakan, menjelaskan, dll), C (condition) yakni kondisi atau kegiatan yang akan dilakukan siswa (membaca teks, mengamati gambar, diskusi, dll); D (degree) tingkatan (dengan benar, sesuati prosedur, dengan santun, percaya diri, dll). Misal: dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu menjelaskan manfaat air bagi kehidupan menusia dengan teliti.

5.    Media, alat bantu dan sumber belajar
Pada buku siswa ada media gambar yang telah disediakan, namun masih terbatas. Dengan demikian guru diharapkan bisa menambah media yang sesuai tema yang sedang dibahas.

Pada tema 2 subtema 2 disajikan beberapa gambar ekspos tentang peristiwa-peristiwa penting, guru diharapkan dapat memperkaya media yang disediakan dengan membawa berbagai macam gambar atau foto peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan tujuan pembahasan. Guru juga dapa meminta siswa untuk membawa gambar atau foto yang berkaitan dengan tujuan kegiatan pembelajaran.

Demikian pula dengan sumber belajar, materi tidak terbatas pada buku siswa saja. Guru bisa mengajak siswa mengamati lingkungan, membaca buku referensi lain, membaca berita Koran, atau melihat tayangan tentang hewan di TV/video.

6.    Kegiatan Pembelajaran
Pada kegiatan pembelajaran perlu diperhatika mengenai pendekatan saintifik dan high order thinking.

Pendekatan Saintifik
Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan  saintifik yang memuat kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan. Langkah-langkah pembelajaran tersebut telah dituangkan dalam buku guru.

Pada tema 2 subtema 1 PB 1, aktivitas saintifik terlihat sebagai berikut:
Mengamati
Siswa mencermati bacaan dan gambar yang disajikan pada buku siswa.
Menanya
Guru manstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan dan memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat dan merumuskan pertanyaan mereka sendiri.
Mengumpulakan informasi/eksperimen
Kegiatan pengumpulan informasi ini bisa dilakukan melalui berbagai macam kegiatan yang berbeda, salah satunya adalah dengan mencari jawaban/informasi dari nara sumber/responden. Pada kegiatan yang dicontohkan pada buku siswa, siswa diminta untuk melakukan sebuah kegiatan yang berjudul “Reporter Cilik”
Mengasosiasi/menalar
Pada tahap ini, siswa dibimbing dan dilatih untuk mampu mencari hubungan antar pertanyaan yang mereka ajukan dengan jawaban/informasi yang mereka peroleh melalui kegiatan wawancara. Siswa dilatih untuk mampu mengolah informasi-informasi yang mereka dapatkan menjadi sebuah kesimpulan.
Mengkomunikasikan
Pada tahap ini, siswa diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan hasil wawancara mereka didepan kelas melalui kegiatan presentasi laporan reportasi.

 High Order Thinking Skills
Salah satu kecakapan hidup (life skills) yang perlu dikembangkan selama proses pendidikan adalah keterampilan berpikir. Keterampilan berpikir setiap orang akan terus berkembang dan dapat dipelajari karena rasa ingin tahu manusia juga terus berkembang.

Secara umum, terdapat empat tingkat berpikir berikut ini.
a.       Manghafal (recall thinking), merupakan tingkat berpikir lebih rendah yang terdiri atas keterampilan hampir otomatisatau refleksi
b.      Dasar (basic thingking), merupakan keterampilan dasar yang meliputi memahami konsep-konsep seperti penjumlahan, perkalian, dan sebagainya termasuk aplikasinya dalam soal-soal.
c.       Berpikir kritis (critical thingking), yaitu berpikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek.
d.      Berpikir kreatif (creative thingking), merupakan kegiatan menyatuka ide, mencipta ide baru, dan mampu menentukan keefektifannya.
Menurut Bloom (Andreson dan Krathwohl, 2001) tingkat kemampuan berpikir dibedakan dengan mengelompokkan berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses. Dimensi pengetahuan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan pengetahuan metakognitif. Proses pengelompokkan oleh Bloom ini dikenal dengan nama taksonomi Bloom.
Dari keenam proses kognitif dalam taksonomi Bloom, tingkat analisis, evaluasi, dan menciptakan merupakan tingkat berpikir yang lebih tinggi dibandingkan dengan tiga proses lainnya. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (higner order thingking skills) termasuk didalamnya yaitu berpikir kritis, logis, kreatif, reflektif, dan metakognitif (FJ King, Ludwilca, Faranak Rohani).

Menurut paul dan Elder (2006), berpikir kritis menunjukkan beberapa karakter berikut.
a.       Skeptik (skeptical)
b.      Aktif, tidak pasif. Selalu bertanya, menganalisis, dan mampu mengkomunikasikan argument.
c.       Tidak egois, terbuka terhadap ide dan hal-hal baru, serta memiliki keinginan untuk saling adu argument.
Menurut Coleman & Hammen (1974) berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilkan sesuatu yang baru dalam bentuk konsep, penemuan, atau karya seni. Salah satu cara mengembangkan dan menguatkan kamampuan kita untuk berpikir kreatif adalah percaya bahwa sesuatu itu dapat dilakukan. Dengan demikian akan muncul adanya suatu dorongan yang dapat menggerakkan pikiran untuk mencari dan melaksanakan sesuatu yang diinginkan.

Menurut de Bono dan Perkins, ciri-ciri orang yang berpikir kreatif antara lain memiliki ide tau gagasan-gagasan baru, berani tampil beda atau melawan arus, memunculkan  pemikiran yang tidak atau belum popular, optimistik, tidak takut untuk mencoba, tidak takut gagal, dan berani menanggung resiko.

Kemampuan berpikir untuk menilai kemampuan sendiri disebut dengan metakognisi. Metakognisi meliputi kesadaran proses berpikir seseorang, self-monitoring, serta penerapan pengetahuan dan langkah-langkah untuk berpikir.

Bagaimana mengembangkan HOTS? Berikut beberapa strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
a.       Membuat peta konsep
b.      Mengajukan pertanyaan
c.       Menyusun buku harian/jurnal pembelajaran
d.      Pembelajaran kolaboratif berbasis TI
e.      Menggunakan analogi
f.        Eksperimen berbasisi inkuiri
g.       Metode proyek
h.      Latihan-latihan membuat keputusan
i.         Pemecahan masalah

Contoh-contoh kegiatan pada buku siswa yang dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan HOTS
a.       Membuat peta konsep
Contoh kegiatan yang nenberikan kesempatan  bagi siswa untuk menunjukkan cara berpikir kritis dan kreatifnya dengan membuat peta konsep, salah satunya dapat ditemukan  di buku siswa tema 2 subtema 2 PB 1. Pada kegiatan tersebut, siswa diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahamannya tentang teks bacaan yang berjudul Daur Air dalam bentuk peta pikiran.
b.      Mengajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan dan mengembangkan HOTS. Siswa dilatih untuk mampu merumuskan pertanyaan yang kritis dan kreatif yang didorong oleh rasa ingin tahunya. Kegiatan yang menstimulus keterampilan mengajukan pertanyaan ini salah satunya dapat ditemukan pada buku siswa tema 2 subtema 2 PB 3. Pada kegiatan tersebut, siswa didorong rasa ingin tahunya dengan merumusakan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang kondisi sungai yang mengering.
c.       Menyusun buku harian/jurnal pembelajaran
Buku harian/jurnal pembelajaran bisa dijadikan sebagai salah satu saran untuk menumbuhkan HOTS. Dengan membuat buku harian/catatan harian/jurnal siswa memiliki kesempatan untuk merangkum semua kegiatan pembelajaran yang sudah ia lewati, mengaitkan pengalaman yang ia miliki sebelumnya dengan pengalaman pembelajaran yang baru. Kegiatan catatan harianku salah satunya bisa ditemukan di tema 2 subtema 1 PB 5.

d.      Pembelajaran kolaboratif berbasis TI
Pada era ini Teknologi informasi merupakan hal yang sudah tidak asing lagi, bahkan bagi siswa/siswi usia Pendidikan Dasar. Informasi pembelajaran sudah tidak lagi dibatasi dengan buku teks. Siswa diperbolehkan untuk menca informasi dari sumber lain diluar buku teks. Kegiatan pembelajaran kolaboratif barbasis TI dapat menumbuhkan HOTS. Kegiatan seperti ini salah satunya dicontohkan di buku siswa tema 2 subtema 2 PB 1. Pada kegiatan ini siswa diberi keleluasan untuk melengkapi pemahaman mereka dengan mencari informasi tambahan dari sumber lainnya (salah satunya adalah sumber-sumber yang berasal dari internet).
e.      Menggunakan analogi
Analogi digunakan untuk mempermudahkan penjelasan tentang sesuatu yang biasanya bersifat abstrak. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan analogi untuk menjelaskan sebuah konsep, salah satunya bisa ditemukan di buku siswa tema 2 subtema PB 1.
f.        Eksperimen berbasis inkuiri
Eksperimen berbasis inkuiri merupakan cara yang sangat menarik bagi siswa dalam menumbuhkan dan mengembangkan HOTS. Dalam kegiatan ini siswa dilatih untuk berpikir kritis, yaitu berpikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek. Kegiatan eksperimen berbasis inkuiri, salah satunya dapat ditemukan di buku siswa tema 2 subtema 2 PB 2.
g.       Metode proyek
Proyek/penugasan adalah salah satu alternatif kegiatan yang bisa dipilih untuk menumbuhkan dan mengembangkan HOTS. Melalui proyek atau tugas, siswa dilatih untuk terampil berpikir kritis dan kreatif. Kegiatan proyek ini salah satunya ditemukan di buku siswa tema 2 subtema 2 PB 5. Pada kegiatan proyek ini, penggunaan air bersih, salah alat kampanye yang harus disiapkan adalah lagu, siswa diminta mengganti lirik lagu “Bangun Tidur” dengan lirik yang mengandung pesan penggunaan air secara bijaksana.
h.      Latihan-latihan membuat keputusan
Membuat keputusan adalah sebuah keterampilan yang membutuhkan cara berpikir kritis dan kreatif. Siswa perlu dilatih untuk memiliki keterampilan tersebut, salah satu caranya adalah dengan menghadapkan mereka pada kasus-kasus atau permasalahan yang membutuhkan penyelesaian. Pada buku siswa tma 2 subtema 1 apb 4 disajikan sebuah kegiatan Debat Cilik, dimana siswa dihadapkan pada sua permasalahan yang berbeda, siswa dilatih cara berpikir kritisnya dalam mencari informasi pendukung yang bisa mereka gunakan untuk mempertahankan pendapatnya dalam berdebat.

7.         Penilaian Pembeajaran
Penilaian autentik mencakup sikap, dan keterampilan. Pada buku guru telah diberikan beberapa contoh penilaian.
Pada buku guru akan lebih banyak ditemukan contoh-contoh penilaian yang bersifat nontes. Dengan dasar pemikiran bahwa guru dan satuan  penilaian bisa menyusun dan mengembangkan instrument tes secara mandiri yang disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan.
Buku guru memberikan alternatif-alternatif nontes yang bisa diadopsi langsung atau disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan yang dilengkapi dengan instrumen rubrik penilaian. Rubrik penilaian dirancang untuk memenuhi kebutuhan penilaian ketiga aspek, yaitu sikap, keterampilan dan pengetahuan, oleh karena itu diusahakan pada setiap kegiatan ada ketiga aspek yang menjadi bahan pengamatan dan penilaian bagi guru.

Pada akhir subtema, buku guru dilengkapi dengan lembar rekapitulasi yang bisa digunakan oleh guru untuk memantau dan mencatat hasil pencapaian kompetensi siswa baik di ranah pengetahuan, keterampilan maupun sikap. Lembar rekapitulasi ini memiliki beberapa fungsi, yaitu:
-        Sebagai data pencapaian kompetensi siswa di tiga aspek yang nantinya bisa digunakan oleh guru sebagai data penunjang dalam pengisisan rapor akademik semester.
-        Sebagai bahan acuan bagi guru dalam memberikan bantuan remedial untuk siswa yang membutuhkan.
-        Sebagai bahan bagi guru untuk memberikan umpan balik baik bagi siswa maupun orang tua.
Berikut adalah contoh-contoh instrumen penilaian dan rekapitulasi persubtema yang bisa ditemukan di buku guru.
Penilaian
Rubrik Lempar – Tangkap bola Basket
Kompetensi yang dinilai:
-        Pengetahuan peserta didik dalam melempar dan mengoper bola basket yang tepat
-        Keterampilan peserta didik dalam melempar dan mengoper bola basket
-        Sikap tertib dan sportifitas peserta didik dalam berolah raga
kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan Melempar Bola
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim
Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pasa beberapa lemparan kepada teman satu tim 
Keterampilan Mengoper Bola
Mampu mengoper bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim 
Mampu mengoper bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim 
Mampu mengoper bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik dalam beberapa lemparan kepada teman satu tim 
Mampu mengoper bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik dalam beberapa lemparan kepada teman satu tim 
Sikap / Sportifitas
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan berlangsung
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama permainan berlangsung
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit permainan berlangsung
Bermain kurang  tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang permainan berlangsung

 

ANALISIS SKL, KI, KD PADA TEMA, SUBTEMA DAN PEMBELAJARAN
PETUNJUK PENGISIAN LK 2.1 (BG)
1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat Jaringan Subtema (Jaringan Kompetensi Inti 1-2 dan Kompetensi Inti 3-4).
2.       Cermatilah Jaringan tersebut, lakukan identifikasi adanya KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 pada setiap subtema.
3.       Tuliskan KD yang terdapat pada jaringan subtema atau Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2 serta Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4 pada Kolom KD sesuai Muatan Pelajaran.

Kelas             :…………………………………
Tema             :…………………………………
Subtema      :…………………………………
MUATAN MAPEL
KD
PEMBELAJARAN
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
PPKn
















BHS INDO
















MAT
















IPA
















IPS
















SBDP
















PJOK

















PETUNJUK PENGISIAN LK 2.1 (BS)

Buku Siswa
1.         Bukalah halaman buku siswa. Cermati kegiatan pembelajaran di setiap subtema, identifikasikan apakah kegiatan pembelajaran tersebut mengacu pada pencapaian kompetensi inti 1-4 (tanpa memperhatikan muatan mapel).
2.         Tuliskan pada halaman berapakah kegiatan tersebut ditemukan.
3.         Apabila tidak ditemukan pada buku siswa, tuliskan saran pada kolom saran yang disediakan.

Tema…..      Subtema……

PB 1
PB 2
PB 3
PB 4
PB 5
PB 6
KI 1






KI 2






KI 3






KI 4






Saran :






















LEMBAR KERJA ANALISIS INDIKATOR, TUJUAN PEMBELAJARAN, KEGIATAN PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN

PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2a ANALISIS INDIKATOR

1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat jaringan KD-Indikator Pembelajaran. Halaman ini terdapat pada halaman berjudul Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan sterusnya.
2.       Cermatilah kompetensi dasar yang terdapat pada buku guru. Salinlah kompetensi dasar setiap muatan pelajaran pada lembar kerja kompetensi dasar.
3.       Kompetensi dasar harus merupakan pasangan KD dari KI 3 dan KD dari KI 4. Ambillah kompetensi dasar hasil analisis dari LK 3.1 Analisis KD.
4.       Cermatilah indikator pada buku guru, salinlah pada indikator tersebut pada kolom indikator pada Buku.
5.       Periksalah apakah perumusan indikator sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan kaidah yang berlaku pada perumusan indikator. Penjelasan kaidah perumusan indikator dapat dilihat dan handout.
6.       Tuliskan indikator hasil analisis pada kolom indikator Hasil Analisis.
7.       Kompetesi dasar yang belum terdapat pada buku guru, harus dirumuskan  indikatornya. Tuliskan indikator tersebut pada kolom Indikator Hasil Analisis.

KELAS                                    :
TEMA                                    :
SUTEMA                              :
PEMBELAJARAN               :


Rounded Rectangle: a.  ANALISIS INDIKATOR
 


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS

















PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2b TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat Tujuan Pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran terdapat pada setiap judul Pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan seterusnya.
2.       Salinlah tujuan pembelajaran pada buku guru tersebut ke dalam tabel LK kolom Tujuan Pembelajaran pada Buku.
3.       Cermatilah tujuan pembelajaran pada buku tersebut. Sesuaikan dengan kaidah perumusan tujuan pembelajaran. Kaidah perumusan tujuan pembelajaran dapat dilihat pada handout.
4.       Tuliskan hasil analisis tujuan pembelajaran tersebut pada tabel LK kolom Tujuan pembelajaran hasil analisis.

Rounded Rectangle: b. TUJUAN PEMBELAJARAN 


TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS















PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2c KEGIATAN PEMBELAJARAN


1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat kegiatan pembelajaran.
 Halaman kegiatan pembelajaran tersebut terdapat pada setiap pembelajaran.
2.       Cermatilah kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku guru.
3.       Salinlah kegiatan pembelajaran tersebut pada tabel LK 2.2c pada kolom Kegiatan Pembelajaran pada Buku.
4.       Lakukan identifikasi penerapan pendekatan saintifik, penerapan model-model pembelajaran (Project Based Learning, Discovery Learning), serta  higher order thinking skills pada kegiatan pembelajaran tersebut. Tuliskan ada atau tidak pada kolom yang tersedia. Bila ada, tuliskan contohnya pada kolom yang tersedia. Bila tidak ada, tuliskan contohnya pada kolom tersedia. Bila tidak ada, tuliskan saran pada kolom yang tersedia dengan memerhatikan tujuan pembelajaran hasil analisis seperti tercantum pada tabel LK 2.2b.
Rounded Rectangle: c.  KEGIATAN PEMBELAJARAN 



Kegiatan Pembelajaran pada Buku
Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik
Kegiatan Pembelajaran dengan Menerapkan Model-model Pembelajaran (Discovery Learning, Projek, Problem Based Learning)
Kegiatan Pembelajaran yang Memunculkan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Keterangan dan Saran Kegiatan Pembelajaran
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada











PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2d PENILAIAN

1.       Bukalah halaman pada guru yang memuat tentang penilaian.
Penilaian terdapat pada setiap judul pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan seterusnya.
2.       Cermatilah penilaian yang ada pada buku, sesuaikan dengan tujuan pembelajaran hasil analisis pada LK 2.2b
3.       Tandailah dengan check list (V) pada kolom sesuai atau tidak sesuai.
4.       Penilaian sikap dapat dilihat kesesuainnya dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Sikap yang dikembangkan tercantum  pada degree tujuan pembelajaran, misalnya percaya diri, teliti, dan santun.
5.       Penilaian keterampilan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator yang dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 4. Misalnya, apakah akan dinilai unjuk kerja atau unjuk produk.
6.       Penilaian pengetahuan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator yang dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 3. Misalnya, tes pengetahuan yang terdapat pada buku siswa, yang terdiri atas tes atau tes lisan.
7.       Analisis penilaian pada buku siswa dan buku  guru difokuskan pada kesesuaian dengan indikator yang dirumuskan. Cara pembuatan instrumen penilaian secara lengkap dapat dilihat pada Materi Pelatihan 3 tentang penilaian:


Rounded Rectangle: d. Penilaian
 


Penilaian
Sesuai
Tidak Sesuai
Keterangan
Saran
Sikap




Pengetahuan




keterampilan












LK ANALISIS KESESUAIAN MATERI

Petunjuk Pengisian LK 2.3a (BS)
1.    Bukalah buku siswa, cermati setiap kegiatan pembelajaran harian.
2.    Lakukan kegiatan analisis kesesuaian materi dilihat dari KD, Indikator, tujuan pembelajaran dan kearifan local (kontektual)
3.    Tuliskan hasil analisis tersebut pada kolom yang disediakan, berikan penjelasan dan saran.    Misalnya: kegiatan pembelajaran yang disajikan tidak sesuai dengan target indikator, tuliskan hasil temuan tersebut pada kolom PBM yang bersangkutan. Berikan uraian penjelasan kekurangan beserta saran untuk perbaikan.
Tema:………………………   Subtema:……………………
PBM
Kesesuaian Materi
Keterangan
Saran
1



2



3



4



5



6





LK ANALISIS KECUKUPAN MATERI
Petunjuk Pengisian LK 2.3b (BS):
1.    Bukalah buku siswa, cermati setiap kegiatan pembelajaran harian.
2.    Lakukan analisis kecukupan materi dilihat dari keluasan dan kedalaman materi.
3.    Tuliskan hasil analisis tersebut pada kolom yang disediakan, berikan penjelasan dan saran.
Misalnya : Materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran tersebut cakupannya kurang, jelaskan letak kekurangannya dan berikan saran perbaikan.

Tema:………………………   Subtema:……………………
PBM
Kecukupan Materi
Keterangan
Saran
1



2



3



4



5



6




LK ANALISIS KEAKURATAN MATERI


Petunjuk Pengisian LK 2.3c (BS):
1.       Bukalah buku siswa, cermati setiap kegiatan pembelajaran harian.
2.       Lakukan analisis keakuratan materi dilihat dari kebenaran dan ketepatan materi
3.       Tulislah hasil analisis tersebut pada kolom yang disediakan, berikan penjelasan dan saran. Misalnya : Materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak akurat, jelaskan letak kesalahannya dan berikan perbaikan.
Tema:………………   Subtema:……………….
PBM
Keakuratan Materi
keterangan
Saran
1



2



3



4



5



6




     Catatan untuk LK 2.2 dan LK 2.3
1.       Hasil analisis yang terdapat pada LK 2.1 dan LK 2.2 merupakan kesatuan yang berkesinambungan.
2.       Hasil analisis tersebut dapat dituangkan pada format pembuatan RPP.
3.       RPP dibuat dengan cara mengambil hasil analisis LK 2.1 dan LK 2.2.
4.       Salinlah KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran, dan kegiatan Pembelajaran pada format RPP yang akan dibuat.
5.       Khusus untuk Penilaian yang akan dicantumkan pada RPP, harus dilihat kaidah-kaidah penilaian autentik yang terdapat pada materi pelatihan 3 tentang Penilaian Autentik. 



Komentar

  1. Assalamu'alaikum.. artikelnya sgt bermanfaat. :)
    bisa tlg share sumbernya? terutama yang ttg buku guru.. terima kasih.

    BalasHapus
  2. Asslamualikum...terima kasih buat artikel nya...bisa dicantumkan sumber ny untuk buku guru dan buku siswa? Terima kasih

    BalasHapus
  3. Membantu sekali ... terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer